Wednesday, July 18, 2012

STRESS ULCER: DEFINISI

Zuckerman dan Schuman (1987) mendefinisikan stress ulcer atau tukak beban sebagai suatu sindroma yang ditandai dengan adanya perdarahan akut atau perforasi saluran cerna bagian atas akibat kerusakan mukosa pada pasien yang menderita penyakit kritis atau trauma yang berat. Beberapa penulis lain menyatakan bahwa tukak beban merupakan suatu keadaan perdarahan akut tukak saluran cerna, sebagai akibat dari komplikasi stress atau beban fisik maupun trauma yang berat.
Sinonim atau istitah yang ada sesuai dengan faktor etiologi, antara lain perdarahan akut tukak saluran cerna atas, tukak peptik akut, tukak Curling’s (akibat luka bakar luas), tukak Cushing (akibat Trauma SSP), gastritis akut erosiva, perdarahan gastritis akut.
Pengertian tukak beban ini adalah tukak yang terjadi secara akut, ulkus yang dangkal, seringkali multipel, tanpa indurasi di sekelilingnya, tak ada tanda proses inflamasi kronis, dan hampir tak pernah menyebabkan perforasi.
Lokasi tukak terbanyak di daerah fundus dan korpus gaster. Lokasi tersebut sesuai dengan lokasi sel parietal pada gaster, sehingga daerah tersebut merupakan tempat yang konsentrasi asam lambungnya tertinggi, dan 60% lukak didapatkan di daerah kurvatura minor. Pada luka bakar yang cukup luas, selain terdapat pada lokasi tersebut di atas, tukak sering pula disertai dengan terlibatnya daerah antrum. Sementara itu pada Cushing’s ulcer tukak lebih banyak terdapat di daerah duodenum daripada di daerah gaster dan kebanyakan bersitat soliter serta cenderung untuk mengalami perforasi.

No comments:

Post a Comment